Mengenal Kerajinan Batu Kali dan Segala Potensinya

228
kerajinan batu kali (2)

Meski hanya terbuat dari material yang sering dianggap murahan, akan tetapi kerajinan batu kali bisa melalang buana ke berbagai negara.

Sudah bukan berita baru bahwa industri kerajinan terkenal karena sering memberikan aneka kejutan. Berbagai produk inovatif telah lahir dari para pengrajin kreatif di negeri ini. Tak mengherankan bila pada akhirnya, industri ini berhasil membuat nama Indonesia berkibar di kancah internasional. Nilai perdagangannya juga sangat baik bersama dengan industri mebel.

Selain inovatif, yang lebih menarik dari industri ini adalah sifatnya yang begitu fleksibel. Aneka bahan yang bagi orang hanya benda biasa atau bahkan sampah, kerap diolah menjadi benda dengan nilai jual tinggi. Jelas ini sesuatu yang sangat membanggakan. Misalnya saja, adalah pembuatan kerajinan dari batu kali. Siapa yang bisa menyangka bahwa batu kali hitam yang berceceran di mana-mana itu bisa mendatangkan keuntungan besar? Nah di kesempatan ini, lemkertas.com akan mencoba mengupas mengenai kerajinan tersebut.

Pengertian

CS LemKertas

Secara ringkas, bisa dikatakan bahwa kerajinan batu sungai atau kali adalah kerajinan yang memanfaatkan batu sungai. Pengolahan produk sendiri beragam karena teknik kerajinan yang bisa diterapkan pada material batu juga beragam. Batu bisa direkatkan satu sama lain, dilukis, diatur sehingga menjadi hiasan, dan lain sebagainya.

Apa Saja ya Produknya?

Ada sangat banyak produk yang bisa dihasilkan dari industri craft berbasis kerajinan batu kali. Berikut ini hanya beberapa contoh di antaranya saja.

  1. Frame atau bingkai. Batu kali yang dihias atau polosan saja bisa diletakkan di bingkai untuk kaca hingga untuk foto. Penggunan batu akan membuat bingkai terlihat lebih menarik. Khusus untuk batu yang tak dicat, pemakaian material tersebut akan membuat bingkai terlihat lebih natural dan tradisional.
  2. Hiasan dinding. Batu kali bisa dijadikan komponen hiasan dinding. Misalnya saja dengan dilukis menarik sebagai burung lalu ditempelkan di papan kayu yang sudah dihias dengan gambar pemandangan alam.
  3. Stone painting atau pelukisan di batu. Lukisan tersebut akan membuat batu sungai terlihat sangat menarik. Batu selanjutnya bisa diletakkan di pot tanaman hias hingga dimasukkan di toples bening untuk hiasan di meja saja.
  4. Kolase batu dengan hasil gambar tertentu. Ya, seni kerajina kolase ternyata juga bisa memanfaatkan batu sebagai material utamanya.
  5. Komponen untuk berbagai produk fungsional. Misalnya untuk penghias pada meja, untuk menghiasi asbak, dan berbagai komponen dekoratif yang lain.

Banyak bukan manfaat dari kerajinan batu kali? Sekali lagi, daftar di atas hanyalah contoh saja. Di lapangan, masih ada sangat banyak produk kerajinan menggunakan batu sungai yang bisa Anda lihat sendiri.

kerajinan batu kali

Perlu Lem yang Bagus?

Dengan beragamnya produk dari kerajinan ini, bisa dikatakan bahwa usaha berbasis kerajinan tersebut cukup prospektif. Anda yang sedang bingung mencari ide usaha, bisa menerapkan ide ini. Apalagi di Indonesia pun kerajinan ini masih belum begitu banyak yang mengetahui dan melakukannya.

Tapi ingat, supaya hasil kerajinan yang Anda buat bagus, jangan lupa gunakan lem yang tepat. Pada banyak kesempatan, lem diperlukan untuk merekatkan batu dengan batu lain atau batu dengan komponen kerajinan lainnya. Di lemkertas.com ini, kami menyediakan lem yang bisa Anda gunakan sekaligus juga bisa dipesan secara langsung. Lem tersebut adalah Eva Phaethon.

Mengapa Memilih Eva Phaethon?

Sudah barang tentu kami memiliki alasan mengapa Eva Phaethon adalah lem yang paling cocok untuk kerajinan batu kali. Secara umum lem ini memang lebih unggul dibanding adhesive lainnya yang tersedia di pasaran. Berikut ini berbagai keunggulan yang ditawarkan adhesive Eva Phaethon.

lem eva phaethon
  1. Cocok digunakan. Adhesive ini memiliki formula yang memang bisa mengikat batu kali. Tak semua lem bisa dipakai untuk merekatkan batu kali. Lem-lem kayu berbahan dasar PVAc misalnya secara umum kurang cocok untuk batu sungai tersebut.
  2. Daya rekat kuat. Adhesive ini memiliki daya rekat yang sangat kuat. Penggunaannya akan membuat produk kerajinan batu Anda menjadi tidak mudah rusak. Pembeli pun akan makin tertarik dengan hadicraft yang Anda buat tersebut.
  3. Tak merusak estetika. Lem ini tidak menyebabkan glue line atau kerusakan warna pada produk kerajinan. Hal ini sangat penting. Sebab, ada banyak lem di pasaran yang menyebabkan glue line dan membuat produk menjadi tak menarik lagi.
  4. Awet. Lem ini memikiki ikatan yang tak mudah rusak meski terkena air, minyak, hingga panas. Produk kerajinan batu kali pun akan turut menjadi lebih awet karena adhesive ini.
  5. Mudah digunakan. Eva Phaethon tak memerlukan perlengkapan atau keterampilan khusus dalam penggunaannya.
  6. Cepat kering. Dengan kecepatan keringnya yang ideal, produksi kerajinan batu alam Anda akan lebih lancar dan karenanya budget produksi pun bisa dihemat secara signifikan.
  7. Harga terjangkau dengan pemakaian yang sangat hemat. Solid content atau berat kering dan cover area lem ini sangat luas.

Kini, yang lebih menarik, Eva Phaethon juga sudah bisa didapatkan secara online. Bila dulu lem ini hanya bisa dipesan untuk penjualan B2B, kini Anda bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.

kerajinan batu kali (3)

Berikut ini cara untuk memesan lem Eva Phaethon.

Pembelian secara Langsung

Silahkan langsung datang ke Bio Service Point. Anda bisa membeli langsung lem ini di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara.

Pemesanan di Toko Daring

Secara online atau daring, kami telah hadir di berbagai marketplace. Silahkan pesan produk kami di toko daring langganan Anda dan dapatkan adhesive tersebut sesuai dengan prosedur pemesanan yang berlaku.

Pemesanan di Lemkertas.com

Anda juga bisa memesan lem tersebut langsung di sini, di lemkertas.com. Lem untuk kerajinan batu kali tersebut bisa Anda peroleh dengan langkah-langkah pembelian online sebagai berikut.

  1. Hubungi dulu CS atau Customer Service kami via kontak yang tertera pada website ini. Silahkan bertanya dulu atau langsung memesan.
  2. Untuk melakukan pemesanan segera, berikan kami data berupa nama Anda, alamat pengiriman, jumlah Eva Phaethon yang dipesan, dan juga kurir pengiriman yang Anda kehendaki.
  3. CS kami akan melakukan estimasi biaya yang harus Anda bayar berdasarkan data tersebut. Silahkan berdiskusi lebih lanjut bila ada yang dirasa kurang memuaskan.
  4. Bila semuanya sudah sesuai dengan keinginan Anda, lakukan pembayaran. CS kami akan memberikan nomor rekening tujuan pembayaran.
  5. Kirimkan bukti pembayaran tersebut pada kami.
  6. Tunggu CS kami memverifikasi bukti tersebut. Bila sudah diverifikasi, kami akan segera memroses pesanan Anda dan mengirimkan pesanan tersebut ke kurir pengiriman.
  7. Tunggu nomor resi dari CS kami dan tunggu produk tersebut sampai di alamat yang Anda kehendaki.
  8. Selesai! Anda hanya perlu menunggu produk tersebut sampai

Demikian informasi kali ini mengenai kerajinan batu kali. Semoga bermanfaat ya.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here