Ayo, Gunakan Lem untuk Bambu yang Bagus dan Tepat!

1082
lantai dan mebel bambu

Ingin memasang lantai bambu atau furniture dari bahan tersebut? Yuk, gunakan jenis-jenis lem untuk bambu yang bagus ini. Sebab memang, tak semua lem cocok dipakai untuk substrat bambu yang kaya silika.

lantai dan mebel bambu

Sebagai bahan terbarukan, bambu menjadi opsi menarik untuk berbagai industri pembuatan furniture. Material ini pun kerap dipakai untuk bahan pembuatan lantai. Bahkan Indonesia dan berbagai negara tropis lainnya seringkali kedapatan permintaan ekspor lantai bambu untuk negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

Meski menarik, pengolahan bambu harus dilakukan secara spesifik. Sering orang memperlakukan bambu seperti halnya kayu. Padahal, kedua material tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satunya dalam hal perekatan. Philip Sell seorang pengrajin furniture menjelaskan bahwa bambu memiliki banyak kandungan silica. Hal ini membuatnya harus diolah secara khusus. Apalagi terkait masalah pengeleman, di mana lem harus bisa berikatan secara kimia dengan material yang dilemnya.

Apa Lem untuk Bambu yang Bagus?

Lantas apa lem yang sepatutnya digunakan untuk bambu? Pertama, tentu lem untuk bambu harus dipilih dari jenis yang cocok dengan substrat bambu. Crossbond bisa menjadi jawaban yang tepat. Lem Crossbond merupakan PVAc glue yang sesuai untuk berbagai media termasuk bambu. Lem ini juga memiliki berbagai kelebihan mulai dari daya rekat hingga keamanannya.

Yang makin menarik, Crossbond tersedia dalam dua pilihan, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Keduanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Crossbond X3 untuk Sambungan Bambu

Penggunaan bambu sebagai bahan konstruksi maupun furniture tentu mensyaratkan aplikasi sambungan-sambungan tertentu. Untuk material ini, sambungan yang kami sarankan adalah dowel, biscuit, dan tenon. Pada berbagai bamboo joint ini, Crossbond X3 akan menjadi lem yang cocok untuk bambu.

Crossbond X4 untuk Lantai hingga Bambu Laminasi

Untuk penggunaan bambu sebagai bahan non konstruksi, Anda bisa menggunakan Crossbond X4. Misalnya saja untuk pemasangan lantai maupun untuk pembuatan plybamboo dan produk-produk bambu laminasi yang lain.

Phaeton

Selain Crossbond X3 dan X4, tersedia pula lem untuk bambu yang bagus untuk kebutuhan yang lebih ringan. Misalnya untuk sekedar menempelkan kertas pada bambu dalam kerajinan decoupage. Pada kebutuhan ini, Anda bisa memanfaatkan Phaeton yang memang didesain untuk hal tersebut.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here