Ini Dia Lem Veneer Kayu Terbaik untuk Media Beda Karakter

1071
veneer pada mdf

Aplikasi veneer sering diterapkan pada kayu olahan seperti MDF. Oleh sebab itulah dibutuhkan lem veneer kayu terbaik untuk media beda karakter, Eva Phaethon.

Veneer atau kadang kala juga disebut vinir adalah bahan pelapis yang biasa digunakan untuk finishing tempel. Veneer didesain dengan wujud berupa lembaran yang kemudian dapat ditempelkan pada berbagai media lainnya. Biasanya, veneer digunakan dalam rangka:

  1. Menghemat penggunaan kayu-kayu dengan tampilan menarik
  2. Menghemat biaya transportasi kayu solid. Misalnya, kita ingin membuat furniture kayu asal Amerika. Daripada meminta dikirimkan kayu solid dari negeri Paman Sam tersebut, akan lebih murah dan efisien bila kita meminta dikirim dalam bentuk veneer.
  3. Memperindah sekaligus meningkatkan pemakaian kayu dengan tampilan biasa-biasa saja.

Veneer dibuat langsung dari kayu sehingga sedikit banyak bisa diproses sebagaimana kayu solid. Hal ini berbeda dengan HPL atau High Pressure Laminate yang merupakan material sintetis sehingga sama sekali tak bisa diperlakukan seperti kayu. Veneer sendiri dapat diamplas serta difinishing ulang. Penggunaannya, dengan demikian lebih fleksibel dibandingkan penggunaan pelapis lainnya seperti HPL.

Aplikasi yang Membutuhkan Lem Veneer Kayu Terbaik

Dalam pemanfaatannya, veneer harus dilem dengan bahan perekat khusus. Pemilihan bahan perekat ini harus memperhatikan sifat veneer dengan media di mana pelapis ini akan ditempelkan. Secara umum, terdapat dua kondisi yang perlu diperhatikan:

  1. Apabila sifat veneer dan medianya hampir sama
  2. Apabila sifat veneer dan medianya sangat berbeda

Bila sifat veneer dan medianya mirip (misalnya sama-sama dari kayu spesies tertentu), Anda bisa mengandalka n adhesive tipe laminasi seperti Crossbond X4. Akan tetapi, bila sifat media yang diveneer dengan vinirnya sendiri sangat berbeda, maka pilihan Anda harus dijatuhkan pada Eva Phaethon.

veneer pada mdf

Lem Veneer Kayu Terbaik Eva Phaethon

Eva Phaethon merupakan lem berbasis ethylene vinyl acetate. Adhesive ini diformulasikan khusus sebagai lem untuk media beda karakter dan karenanya bisa digunakan untuk pelapisan seperti pada finishing tempel. Lem ini bisa digunakan untuk veneer maupun HPL dan bahan pelapis lainnya.  Aplikasinya juga dapat diterapkan pada MDF, HDF, dan berbagai kayu olahan.

Selain dapat digunakan untuk kebutuhan spes ifik tersebut, Eva Phaethon juga kuat dan sangat tahan lama. Lem ini pun cepat kering dan mudah digunakan. Feature-feature seperti inilah yang membuat Eva Phaethon senantiasa bisa diandalkan sebagai lem veneer kayu terbaik.

furniture hpl

Yuk, gunakan lem veneer kayu terbaik Eva Phaethon!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here