Cara Sangat Mudah Membuat Terompet Tahun Baru!

284
jual lem untuk terompet tahun baru

Jelang tahun baru dan berbagai perayaan lainnya, hadirnya terompet kertas selalu dinanti. Perputaran uang di usaha ini pun meningkat. Tertarik juga untuk mencoba peruntungan di usaha tersebut? Atau Anda sekedar ingin melakukan proyek kecil-kecilan bersama keluarga di rumah? Apapun alasan Anda, membuat terompet sendiri bisa jadi sebuah kegiatan mengasyikkan. Yuk, langsung saja tutorial cara membuat terompet tahun baru super mudah dan murah ini!

Siapa tak suka dengan hadirnya tahun baru? Atau ulang tahun saudara kita? Berbagai cara kita lakukan untuk merayakan momen menggembirakan tersebut. Kue-kue dipesan, ayam dipanggang, dan kumpul bersama menjadi segelintir aktivitas kita untuk merayakannya. Agar suasana makin meriah, berbagai pernak-pernik tambahan selalu hadir menyertai. Salah satunya adalah terompet.

Terompet sebenarnya adalah salah satu alat musik tiup yang terbuat dari bahan solid. Namun seiring berjalannya waktu, kini kita kenal terompet dalam versi yang jauh lebih murah dan sangat mudah digunakan, yakni terompet kertas. Bak pohon cemara saat natal dan obor untuk idul fitri, terompet adalah benda sangat khas yang selalu hadir saat momen tahun baru. Selain itu, benda ini juga kerap digunakan saat perayaan ulang tahun. Suaranya yang keras memecah keheningan malam sehingga membuat acara yang diadakan makin meriah. Ya! Terompet memang teman yang asyik untuk memeriahkan suasana.

CS LemKertas

Membuat Terompet Tahun Baru Sendiri? Mengapa Tidak?

Yang lebih menarik dari terompet semacam ini adalah kemudahan proses pembuatannya. Tak perlu tangan pengrajin Jepara untuk bisa membuat terompet cantik dari kertas. Tapi jelas harus ada passion dari si pembuatnya. Dengan passion tersebut, seseorang bisa mengeksplore aneka bentuk terompet yang tak biasa sehingga produknya pun terlihat jauh lebih menarik daripada yang lain. Selain itu, bukan tak mungkin pula nanti terompet-terompet buatan sendiri itu bisa dijual. Mengapa tidak? Apalagi bila kita memang punya minat tersendiri untuk memproduksi craft atau kerajinan tangan dari kertas. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana sehingga tak perlu dibeli dengan harga yang mahal atau sulit dicari.

agi yang hanya ingin berkreasi bersama para siswa dan buah hati pun, kerajinan seperti terompet ini bisa diandalkan. Anak-anak bisa diajak berkreasi dengan gembira menghasilkan alat musik kesenangannya dengan mudah. Lama pengerjaannya pun relatif cepat. Sangat menarik bukan?

Nah, bagi Anda yang mau mencoba jual beli terompet kertas atau yang sekedar ingin membuatnya untuk kesenangan sendiri, langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini. Terompet yang akan dibuat merupakan terompet sederhana. Tapi tentu saja Anda bisa mengembangkan sendiri keindahannya dengan kekreatifan Anda.

Alat dan Bahan

Sediakan perlengkapan di bawah ini untuk membuat terompet tahun baru dari kertas.

1. Kertas manila
2. Kertas emas
3. Kertas kado
4. Kertas krappe
5. Lem Ultra Phaethon
6. Plastic horn atau alat bunyi untuk terompetnya
7. Plaster atau double tape
8. Gunting
9. Penggarisjual lem untuk wallpaper

Pada tutorial pembuatan kerajinan kali ini, kami rekomendasikan pemakaian Ultra Phaethon. Beberapa tutorial lainnya biasanya hanya memanfaatkan double tape. Padahal pemakaian double tape secara umum akan lebih memakan biaya. Selain itu, karena ikatannya tak merata, akan ada bagian yang menggembung dan yang tidak. Oleh sebab itulah, kami rekomendasikan pemakaian lem yang murah dan berkualitas untuk kerajinan kertas, Ultra Phaethon.

Cara Membuat Terompet Tahun Baru

1. Siapkan kertas manila pada ukuran yang biasanya. Potong lebih kecil untuk membuat terompet yang juga lebih kecil.
2. Siapkan plastic horn atau alat bunyi terompet.
3. Atur kertas manila membentuk corong, rekatkan dengan Ultra Phaethon. Untuk menahan Ultra Phaethon sampai kering, aplikasikan plester pada beberapa bagian. Pastikan juga ukuran ujung corong sesuai dengan ukuran plastic horn.
4. Rekatkan plastic horn dengan corong kertas manila menggunakan plaster.
5. Diamkan dulu sampai Ultra Phaethon kering dan bentuk kertas manila lebih stabil.
6. Sementara itu, siapkan kertas untuk melapisi kertas manila. Silahkan pilih kertas yang menurut Anda bagus: kertas emas, kertas kado, atau kertas krappe.
7. Siapkan juga jumbai untuk ujung terompet dan jumbai untuk bagian tengahnya. Sekali lagi, tentukan sesuai selera Anda. Namun sebaiknya, kombinasikan antara pemakaian kertas kado, kertas emas, dan kertas krappe.
8. Lapisi corong kertas manila dengan kertas pelapis pilihan Anda. Gunakan Ultra Phatehon. Hindari pemakaian plester dari luar. Hal tersebut akan membuat terompet Anda kurang menarik. Pemakaian double tape bisa dilakukan, akan tetapi tak kami sarankan karena sifat perekatannya tidak merata.
9. Setelah itu, siapkan jumbai yang Anda buat. Rekatkan melingkar di tempat yang menurut Anda bagus.
10. Selesai!

cara membuat terompet

cara membuat terompet tahun baru

Sangat mudah bukan cara membuat terompet seperti ini? Tutorial ini sama sekali tak sulit diikuti dan bisa Anda aplikasikan tanpa kesulitan berarti.

Tips dan Trik untuk Membuat Terompet Tahun Baru Lebih Unik!

Lantas bagaimana cara agar terompet yang dihasilkan menarik? Cara yang disebut di atas memang sudah membantu Anda menghasilkan terompet standar. Tapi agar ahsilnya benar-benar lain daripada yang lain, jelas perlu usaha tersendiri. Seperti apa caranya? Kami punya tips dan trik supaya hasilnya bagus dengan cara sederhana atupun yang agak rumit.

1. Kombinasikan warnanya dengan baik. Percaya tak percaya, aspek ini ternyata sangat penting. Kita sering melihat terompet yang laku disebabkan warnanya lebih menarik dibanding yang lain. Jadi jangan sepelekan soal padu padan warna ini.
2. Gunakan kertas dengan motif bergambar yang disukai pasar. Misal bila pasarannya anak-anak, gunakan kertas gambar yang motifnya idola mereka.
3. Tambahkan aksesori yang lain, misalnya dengan diberikan bunga-bunga hias atau bahkan lonceng kecil.
4. Bentuk dengan lebih menarik. Contoh, menambahkan semacam pegangan dengan kertas tambahan baru.
5. Aplikasikan suara yang lebih unik. Tapi Anda tentu harus mencari alat khusus untuk tips sepert ini.
Masih banyak lagi tips dan trik lainnya yang bisa Anda terapkan. Kembangkan saja imajinasi Anda untuk membaut terompet tahun baru tersebut semakin menarik

terompet tahun baru unik

Jual di Online Shop Sekarang Juga

Salah satu cara berjualan mudah saat ini adalah dengan berjualan online. Anda bisa mendapatkan Ultra Phaethon dan berbagai alat serta bahan di atas secara online, lalu dapat menjual produk Anda secara online juga. Pastikan saja foto terompet yang Anda jual punya kualitas yang baik. Selain itu pastikan juga produk terompet tersebut nantinya Anda kemas dengan bagus. Sebab bagaimanapun juga pengemasan sangat penting. Selain membuat produk terlindung, pengemasan juga bisa membuat produk Anda terlihat lebih menarik.

Nah, demikianlah tutorial singkat sekaligus panduan untuk membuat terompet tahu baru! Semoga bermanfaat ya!

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here